Friday, November 2, 2018

[HEALTH] - Apa itu Psoriasis?

“As long as you can still open your eyes and you can breath well, you should be thankful.”
Hello, loves! Kalian pernah denger ga sih kata ‘Psoriasis’? Yap, nama sebuah penyakit. Tapi, penyakit apa sih itu? Apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar penyakit psoriasis?


Jadi, tanggal 27 Oktober lalu di Cerita Rasa Restaurant, aku diundang ke event dari Kumparan bekerja sama dengan Novartis (sebuah perusahaan multinasional obat-obatan) ke event yang berjudul ‘Psoriasis Won’t Stop Me’! Aku tertarik banget dari awal, bukan cuma sebagai pekerjaan aja, tapi aku memang sangat penasaran dengan pemahaman mengenai psoriasis, meski aku sendiri (syukurnya) gak mengalami, tapi aku pingin bisa berbagi dengan orang-orang baik yang terkena maupun memiliki keluarga atau kerabat yang terkena psoriasis karena 2-3% penduduk dunia terkena psoriasis, termasuk Indonesia. Cukup banyak kan? Sebut saja Kim Kardashian, LeAnn Rhimes, Kris Jenner, Cara Delevingne, CariDee English untuk seleb luar negeri, juga Olivia Lazuardy, fashion blogger terkenal di Indonesia juga mengalami penyakit ini.
Kita semua para bloggers dan vloggers excited banget untuk memahami dan bertanya selama sesi berlangsung. Meskipun penyakit ini tidak mematikan, namun perlu ditangani dengan serius, lho. Yuk simak!

Apa Itu Psoriasis?
Psoriasis adalah sebuah penyakit auto-imun. Ditandai dengan gatal, perih, kemerahan pada kulit dan sisik berwarna keperakan, penyakit ini mirip seperti eksim. Namun bedanya, eksim merupakan penyakit kulit biasa, sehingga dapat diobati menggunakan pengobatan luar saja (salep, dll).
Karena psoriasis merupakan penyakit auto-imun (bukan hanya penyakit kulit), penderita harus konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Dermatologist) sehingga dapat dicek terlebih dahulu melalui gejala-gejala yang dialami, ataupun apabila belum terdefinisi, dapat melakukan cek biopsi.
Meskipun psoriasis tidak dapat disembuhkan alias bersifat lifetime, penyakit ini tetap harus ditangani dengan serius. Psoriasis pada kulit apabila tidak diobati, dapat menjalar ke sendi, kemudian terakhir dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Apa itu auto-imun?
Auto-imun merupakan jenis penyakit dimana kekebalan tubuh kita yang seharusnya menyerang hal-hal jahat yang muncul dari luar tubuh seperti bakteri, virus, dll, namun malah sistem kekebalan tubuh (imun) tersebut berbalik menyerang sel-sel baik sendiri yang ada di dalam tubuh sehingga kondisi tubuh menjadi lemah.

Penyebab Psoriasis
Psoriasis diturunkan oleh gen, namun tidak selalu langsung diturunkan dari orang tua. Bisa saja dari kakek, nenek, maupun generasi atasnya lagi. Oleh karena itu, pada dasarnya setiap orang ada kemungkinan untuk terkena penyakit ini.

Bagaimana jika sudah terkena Psoriasis?
Segera rutin check-up ke dokter dan minum obat yang diberikan. Setelah itu, maintain stress. Meskipun setiap manusia pasti pernah dan akan terus ada masa stress, namun harus dikendalikan supaya tidak stress terus-menerus, karena psoriasis langsung muncul ketika stress.
Selanjutnya, berjemurlah di bawah matahari. Pagi maupun siang hari boleh, tetapi lebih disarankan untuk berjemur antara jam 11-1 siang dikarenakan matahari memproduksi vitamin E paling tinggi. Nah, bukannya matahari jam segitu terik? Emang gapapa tuh? Kalo kalian bertanya-tanya, ini hanya 5-10 menit aja kok. Dan dipastikan kulit yang kemerahan menjadi lebih baik. Tapi kalau memang pingin matahari yang lebih pagi juga boleh-boleh saja, kata sang dokter.
Selain itu, gabunglah ke komunitas yang ada, misalnya Komunitas Halo Psoriasis, Di sana lah tempat para anggota sharing mengenai tips-tips dan juga sharing manfaat produk seperti lotion yang dipakai, dan lain-lain. Penderita psoriasis cenderung memiliki kondisi kulit yang kering, sehingga wajib menggunakan lotion dengan kelembaban tinggi.

Nah, segitu aja mengenai psoriasis, semoga membantu ya buat kalian yang baca. Oh ya, boleh di sharing ke keluarga maupun teman, siapa tau ada yang mengalami jadi bisa lebih aware mengenai psoriasis. Thanks for reading btw!

- Amelita Yonathan -

0 comments:

Post a Comment

Feel free to comment ☺